You are currently viewing Kabupaten Tojo Una-Una Siap Sebagai Tuan Rumah Penyelenggaraan STQH Tahun 2023

Kabupaten Tojo Una-Una Siap Sebagai Tuan Rumah Penyelenggaraan STQH Tahun 2023

Diskominfotouna- Sekretaris Daerah Kabupaten Tojo Una-Una Dr. HJ. Sovianur Kure, S.E., M.Si, didampingi Kepala Biro Kesra Setdaprov Sulawesi Tengah selaku Koordinator Tim Teknis LPTQ Sulawesi Tengah, Drs. Awaludin, M.M., hadir memimpin Rapat Tim Pengurus LPTQ XXVII Provinsi Sulawesi Tengah dan Panitia Persiapan STQH,, bertempat di Ruang Rapat Kantor Bupati Tojo Una-Una, Senin (14/11/2022).

Hadir dalam rapat tersebut pejabat terkait diantaranya Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Marni Mangun, S.H., Staf Ahli Bupati Bidang Keuangan, Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Tojo Una-Una Drs. Ferry Moch. Indra Sabu, M.M., Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik Setdakab Tojo Una-Una Drs. Abd. Agfar Patanga, M.H., Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Tojo Una-Una Alfian Matajeng S.Pd., M.AP., serta Asisten Administrasi Umum Setdakab Tojo Una-Una H. Rusmin Labudu, S.Sos., M.Si., Kabag Kesra Setdakab Tojo Una-Una Yaumihi Palampanga, S.Ag.,M.Si, serta Kabag Prokopim Setdakab Tojo Una-Una Nunung Susanti Podungge, S.Si. dan Sekretaris DPKAD Kabupaten Tojo Una-Una Rismanto Laide, S.T., M.M.

Selain itu Hadir pula Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tojo Una-Una Drs. Abd. Muluk  Lanonci, M.M., dan Kasi Bimas Islam Kemenag Kabupaten Tojo Una-Una Mohamad Arzak Saini, S.Pdi.,M.AP., beserta sejumlah Tim Teknis LPTQ Provinsi Sulawesi Tengah dan Panitia Pelaksana LPTQ Kabupaten Tojo Una-Una.

Rapat kali ini membahas kesiapan pelaksanaan STQH XXVII Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah di Kabupaten Tojo Una-Una, sekaligus peninjauan lokasi tempat pelaksanaan STQH.

Dalam laporannya Sekda menyampaikan pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQH) Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2023 akan dilaksanakan di Kabupaten Tojo Una-Una sebagai tuan rumah.

” Saya atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Tojo Una-Una sangat menyambut baik dengan ditetapkannya Kabupaten Tojo Una-Una sebagai tuan rumah, untuk itu saya berharap agar kita semua bisa lebih siap untuk menjadi tuan rumah dan dapat mengharumkan nama baik Kabupaten Tojo Una-Una. Kita menargetkan pada STQH Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah, Kabupaten Tojo Una-Una harus sukses penyelenggaraan, sukses ekonomi masyarakat, serta sukses prestasi. “Ucap Sovianur Kure.

Lebih lanjut Sekda menambahkan arena utama pelaksanaan pembukaan dan penutupan STQH tingkat Provinsi yang ke-XXVII (27) Tahun 2023 di pusatkan tepatnya di depan Kantor Bupati Tojo Una-Una yang pernah digunakan untuk pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2008. selain di arena utama sebagai tempat pelaksanaan lomba cabang tilawah, cabang-cabang lain akan dilaksanakan di beberapa Masjid yang ada di Kota Ampana, antara lain :

* Masjid Ikhlasul Amal (sebagai tempat pelaksanaan lomba Tahfidz golongan 10 juz dan tafsir bahasa arab);

* Masjid Tsamaratul Ukhuwah (untuk lomba golongan 5 juz dengan tilawah dan golongan 30 juz);

* Masjid At-taqwa (untuk lomba Tahfidz hadits);

* Masjid Ash-Shabirin (sebagai tempat pelaksanaan lomba golongan 1 juz dan tilawah serta golongan 20 juz);

Akomodasi yang di siapkan Pemerintah Daerah Kabupaten Tojo Una-Una terdiri dari hotel, penginapan, cottage, guest house dan rumah-rumah masyarakat yang ada di Kota Ampana, dengan jumlah kamar secara keseluruhan adalah 368 kamar yang di siapkan sebagai tempat menginap para dewan hakim, panitera dan para tamu undangan dari luar daerah.

Beberapa hotel juga menyediakan ruang rapat yang representative, dapat digunakan oleh para tamu seperti hotel ananda, hotel lawaka, hotel pink, hotel oasis, marina cottage dan latifa guest house.

Sedangkan tempat menginap para kafilah STQH dari Kabupaten/Kota akan disiapkan rumah-rumah masyarakat yang representative, yang jumlahnya akan di sesuaikan dengan jumlah peserta, official dan kontingen dari masing-masing Kabupaten/Kota.”Tutup Sekda

Bid. PIKP – (Apt/Icn)