You are currently viewing HUT KABUPATEN TOJO UNA-UNA KE-18: MASYARAKAT YANG TANGGUH, MAJU, DAN SEJAHTERA

HUT KABUPATEN TOJO UNA-UNA KE-18: MASYARAKAT YANG TANGGUH, MAJU, DAN SEJAHTERA

Diskominfotouna – Bupati Tojo Una-Una Mohammad Lahay, SE., MM memimpin Upacara Hari Ulang Tahun Kabupaten Tojo Una-Una ke-18 Tahun 2021 di Lapangan Sepak Bola Uebone Kecamatan Ampana Tete, Sabtu (18/12/2021)

Kegiatan tersebut turut di hadiri oleh Wakil Bupati Tojo Una-Una bapak Ilham Lawidu S.H, Gubernur Sulawesi Tengah yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah Bidang SDM bapak Dahri Saleh M.Si, Bupati Kabupaten Poso yang diwakili oleh Kepala Bappelitbangda Poso bapak Drs. Yus Madoli, Ketua DPRD Kabupaten Tojo Una-Una bapak Dr. Mahmud Lahay S.E., M.Si, Wakalpolres Kabupaten Tojo Una-Una bapak Kompol I Made Dharma S.H, Kasdim 1307/Poso bapak Mayor INF. Ahmad Jayadi, Kepala Kejaksaan Negeri Tojo Una-Una bapak Suwirjo S.H., Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Ampana bapak Gunawan S.H., M.H, Danramil 1307-07 Ampana Tete bapak Kapten INF. Bolo, para Asisten, Staf Ahli,  Pimpinan OPD Lingkup Kabupaten Tojo Una-Una, Pimpinan Instansi Vertikal, Pimpinan Perbankan, Para Camat, Para Lurah dan perwakilan Kepala Desa se-Kabupaten Tojo Una-Una, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, serta Tokoh Wanita.

Alhamdulillah, teriring rasa syukur ke hadirat Allah Subahana Wa Ta’ala, Tuhan yang Maha Esa, atas ridho dan Karunia-Nya, hari ini Sabtu, Tanggal 18 Desember 2021, meskipun masih dalam situasi pandemi Covid-19, kita warga Kabupaten Tojo Una-Una dapat melaksanakan Upacara Memperingati Hari Ulang Tahun ke-18 Kabupaten Tojo Una-Una yang pada Tahun ini dilaksanakan di lapangan Sepak Bola Desa Uebone Kecamatan Ampana Tete.

Biasanya dalam peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Tojo Una-Una ini kita rayakan dengan suka cita dan meriah, namun pandemi mengajarkan kita arti kesederhanaan, kepedulian dan kebersamaan. pada titik inilah, mari kita perkuat kembali kebersamaan, persatuan, dan semangat gotong royong untuk sama-sama berjuang agar daerah kita terbebas dari pandemi Covid-19.

“Kabupaten Tojo Una-Una merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Sulawesi Tengah yang beribukota di Ampana dan dibentuk berdasarkan undang-undang nomor 32 Tahun 2003 tentang pembentukan Kabupaten Tojo Una-Una di Provinsi Sulawesi Tengah. Kepada pendahulu dan pendiri Kabupaten Tojo Una-Una dengan hormat saya menyampaikan terima kasih yang tak terhingga atas jasa dan pengabdian terbaiknya kepada Kabupaten Tojo Una-Una yang sama-sama kita cintai dan banggakan.

“Seiring dengan bergantinya waktu, hari, bulan dan bergantinya Tahun tidak terasa Kabupaten Tojo Una-Una telah berusia remaja, dimana pada tanggal 18 Desember 2021 tepat berusia 18 Tahun. Delapan belas Tahun adalah rentang perjalanan yang  penuh dengan romantika dan dinamika sejarah. sebagai masyarakat Kabupaten Tojo Una-Una kita wajib bersyukur dengan menjadikan hari kelahiran Kabupaten Tojo Una-Una sebagai sebuah inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan daerah ini, dengan karya dan prestasi, lalu kita bingkai perjalanan hari ini dan ke depan dengan kerja yang produktif demi meraih cita-cita dan harapan akan masa depan yang lebih baik.

“Pemerintahan dan pembangunan ibarat dua sisi dari satu mata uang yang sama, artinya bahwa tujuan utama dari sebuah pemerintahan adalah menyelenggarakan pembangunan, begitu juga pembangunan tidak pernah bisa dilaksanakan tanpa adanya sebuah pemerintahan yang kuat. pembangunan adalah proses multidimensional yang menyentuh dan merangkum aspek kehidupan masyarakat.

“Sekilas gambaran potret kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati selama Lima Tahun pada periode sebelumnya (2016-2021), kita tahu, kita rasakan  dan kita fahami bersama bahwa waktu efektifnya hanya 3 Tahun dalam kondisi normal, sisanya kita dihadapkan dengan wabah pandemi Covid-19 yang hingga hari ini belum menunjukkan tanda-tanda kapan akan berakhir.

“Meskipun demikian banyak hal yang sudah kita capai, pemerintah daerah fokus dan telah mampu memenuhi hak-hak dasar masyarakat yang berkeadilan, dengan 5 indikator makro pembangunan daerah yaitu :

– Menurunnya angka kemiskinan daerah, dimana pada Tahun 2016 angkanya mencapai 18,56 % menjadi 16,39 % pada Tahun 2020, atau terjadi penurunan sebesar 2,17 %.

– Pertumbuhan ekonomi daerah yang diindikasikan dengan pertumbuhan PDRB pada Tahun 2016 sebesar 5,16% menjadi 5,70% pada Tahun 2019, namun pada Tahun 2020 terjadi penurunan yang signifikan hampir di seluruh Kabupaten/Kota di Sulawesi Tengah yang diakibatkan adanya pandemi Covid-19 yaitu minus 3,21 %.

– Indeks Pembangunan Manusia (IPM) terus mengalami peningkatan dalam Lima Tahun terakhir (2016-2020) dimana pada Tahun 2016 angka IPM kita pada posisi 62,27 point mengalami peningkatan menjadi 64,59 point pada Tahun 2020.

– Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Tahun 2016 berada pada posisi 3,62 %, turun menjadi 2,84 % Tahun 2020.

– Gini Rasio Kabupaten Tojo Una-Una Tahun 2016 sebesar 0,362 point dan pada Tahun 2020 turun menjadi 0,256 point.

“Semua capaian tersebut tidak terlepas dari kerjasama, kolaborasi dan dukungan bapak/ibu pimpinan dan anggota DPRD yang terhormat beserta seluruh lapisan masyarakat pada umumnya, yang telah melahirkan kebijakan daerah melalui program prioritas pembangunan telah memberi kontribusi yang cukup signifikan dalam pencapaian Indikator Makro Daerah.

“Dibalik capaian keberhasilan pembangunan daerah tersebut, kami menyadari dan jujur mengatakan bahwa juga masih terdapat berbagai permasalahan dan tantangan yang perlu dibenahi bersama, khususnya Periode Masa Jabatan 2021-2026. indikator makro pembangunan daerah harus dapat ditingkatkan, bahkan melebihi capaian indikator makro pembangunan Kabupaten/Kota khususnya di Provinsi Sulawesi Tengah serta setara dengan Kabupaten/Kota lainnya di Indonesia.

“Penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan Kabupaten Tojo Una-Una berpijak pada tiga (3) landasan yuridis sebagai acuan penyusunan perencanaan pembangunan daerah yang berjenjang, yaitu :

1. Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Tojo Una-Una 2005-2025 yang ditetapkan melalui peraturan Daerah Nomor 4 tahun 2010

2. Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Tojo Una-Una (2021-2026) yang ditetapkan melalui Peraturan Daerah Nomor  5 Tahun 2021

3. Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Tojo Una-Una.

“Sesuai dengan tema Hari Ulang Tahun Kabupaten Tojo Una-Una yeng Ke-18 ini adalah ”Dengan Semangat Hari Jadi Kabupaten Tojo Una-Una ke-18, Perkuat Sinergitas dan Harmonisasi Gerak dan Kerja Cepat Untuk Mewujudkan Masyarakat Tojo Una-Una yang Tangguh, Maju dan Sejahtera” tema tersebut telah sesuai dengan amanat rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Tahun 2005-2025 untuk fokus RPJMD Tahun 2021-2026 yaitu Menuju Masyarakat Tangguh, Maju dan Sejahtera.

“Berdasarkan RPJMD Tahun 2021-2026 untuk pencapaian Visi  Terwujudnya Kabupaten Tojo Una-Una Tangguh, Maju dan Sejahtera. dari Visi tersebut ditetapkan bebarapa Misi Pembangunan Daerah yang merupakan inter-pretasi operasionalnya, sebagai berikut :

1. Mewujudkan Masyarakat yang terentaskan dari Kemiskinan, Tangguh Bencana, dan Lingkungan Berkelanjutan;

2. Mewujudkan Pembangunan Infrastruktur Wilayah yang Maju dan Keluar dari Daerah Tertinggal;

3. Memantapkan Trisula Pembangunan Ekonomi bertumpu pada sektor Pertanian, Perikanan-Kelautan dan Pariwisata yang berkelanjutan;

4. Meningkatkan Sumber Daya Manusia berdaya saing bertumpu pada peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan yang berkeadilan;

5. mewujudkan Aparatur dan Sistem Pemerintahan Daerah yang profesional untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik berbasis smart governance.

“Sebagai manusia biasa, kami menyadari bahwa ditengah keberhasilan pembangunan yang dilaksanakan tentunya belum dapat memuaskan semua pihak, Insya Allah kedepan dengan kerjasama dan kebulatan tekad kita semua apa yang kita cita-citakan dapat terwujud.

“Bupati berharap peringatan hari Ulang Tahun ke-18 Kabupaten Tojo Una-Una menjadi titik tolak lahirnya perubahan, berubah untuk menjadi lebih baik dan menjadi yang terbaik yang Insya Allah akan mengantarkan kita ke pulau kehidupan masyarakat  yang  tangguh, maju dan sejahtera.”Ucap Mohammad Lahay

“Diakhir Sambutannya Bupati Tojo Una-Una Mohammad Lahay menyampaikan pada Hari Ulang Tahun Ke-18 Kabupaten Tojo Una-Una, hanya kepada Allah Subahana Wa Ta’ala kita berserah diri  dan memohon petunjuk serta bimbingan-Nya, semoga apa yang telah, sedang dan yang akan kita lakukan bersama rakyat untuk membangun Kabupaten Tojo Una-Una senantiasa mendapat rahmat dan ridho dari Allah Subahana Wa Ta’ala.

DIRGAHAYU KE-18 KABUPATEN TOJO UNA-UNA

PIKP (Apt/Icn)