You are currently viewing Cegah Stunting, Dinas Perikanan Lakukan Inovasi “Main Keras, Makin Ganteng”

Cegah Stunting, Dinas Perikanan Lakukan Inovasi “Main Keras, Makin Ganteng”

Diskominfotouna –

Wakil Bupati Tojo Una-Una Bapak Ilham Lawidu, S.H menghadiri acara Launching Inovasi “Main Keras, Makin Ganteng” (Makan Ikan Bikin Cerdas, Makan Ikan Cegah Stunting) di halaman Kantor Dinas Perikanan, Kecamatan Ratolindo, Kamis(10/11/2022)

Dalam acara tersebut di hadiri oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Tojo Una-Una Nawatsara Panjili, S.E., M.Si, Ketua TPPKK selaku Ketua FORIKAN ibu Femmy Luther Lahay, Skm, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tojo Una-Una bapak Rahmad Basri S.Pi., M.Si, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Tojo Una-Una, Tim Penilai Lomba Inovasi Kabupaten Tojo Una-Una, Para Camat, Kepala Desa/Lurah serta tamu undangan lainnya.

Pada hari ini kita semua sedang menghadiri bagian dari kegiatan Prioritas Nasional yang telah di canangkan melalui Rencana Kerja Pemerintah Pusat Sekak Tahun 2018, yaitu Percepatan Penurunan Stunting. Kabupaten Tojo Una-Una di tetapkan sebagai Lokus Stunting 2022 sesuai Surat Keputusan Mentri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Nasional Tentang Perluasan Penetapan Kabupaten/Kota Lokasi Stunting Tahun 2022.

“Salah satu penyebab Stunting adalah kurangnya asupan gizi dan untuk memenuhi asupan gizi adalah dengan mengkonsumsi Ikan, karena Ikan memiliki kandungan Gizi serta merupakan sumber pangan kaya Protein dan Omega 3 yang sangat bagus. Di satu sisi kekayaan Ikan di Kabupaten Tojo Una-Una juga sangat melimpah.

“Ikan mengandung berbagai Zat Gizi yang baik untuk Pertumbuhan dan Perkembangan, Khususnya dalam upaya mencegah Stunting pada kelompok 1000 HPK. Kandungan Protein tinggi dengan komposisi 12 Asam Amino Esensial, Mudah Dicerna, Tinggi Kalori, serta Asam Lemak Omega 3 lebih tinggi dari Daging dan Ayam.

“Pada hari ini juga akan di Launching Inovasi “Main Keras, Makin Ganteng” (Makan Ikan Bikin Cerdas, Makan Ikan Cegah Stunting) yang merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una melalui Dinas Perikanan untuk menurunkan Prevelensi Stunting di Kabupaten Tojo Una-Una.

“Kammpanye Gemarikan di Kabupaten Tojo Una-Una dilaksanakan melalui kegiatan Sosialisasi ke Posyandu/Sekolah, Lomba Masak Serba Ikan, Pameran Produk Kelautan dan Perikanan serta sebagai upaya lain yang tertulis dilakukan agar Masyarakat Gemar Makan Ikan.

Melalui Kampanye Gemar Makan Ikan ini, Saya berharap Ikan bisa menjadi menu wajib dalam konsumsi sehari-hari. Semu ini bermula dari kerja makan, Ibu-Ibu rumah tanggalah dalam memilih dan mengelolah bahan masakan yang akan di sajikan sebagai bahan santapan keluarga.”Ucap Ilham Lawidu.

Akhirnya di akhir penyampaiannya Wakil Bupati Kabupaten Tojo Una-Una bapak Ilham Lawidu, SH berharap semoga upayah kita dalam pencegahan dan penurunan Stunting di Kabupaten Tojo Una-Una dapat terwujud. Dan semoga Inovasi yang dilakukan oleh Dinas Perikanan ini akan terus berkelanjutan, sehingga mendapatkan hasil sesuai dengan harapan kita semu.

Bid. PIKP – (Apt/Icn)